Jumat, 11 Januari 2013

TIPS MENGHADAPI UJIAN SEMESTER

Musim ujian sudah tinggal menghitung detik. Bahkan teman-teman di fakultas lain sudah ada yang mulai ujian di hari ini. Sudahkah siap amunisimu? Keranjingan belajar jika ditunjang dengan kondisi tubuh yang kurang fit bisa celaka lho!! Karena itu, MIT ingin berbagi tips buat kita semua yang mau ujian. Supaya kita sukses semua. adik2 mahasiswa poltekkes riau, Tolong dibaca yaa..
1. Cicil belajar dari seminggu sebelumnya

Otak itu memiliki dua tempat penyimpanan, memori jangka panjang dan jangka pendek. Jika kita belajar dengan sistem kebut semalam, sejam, sepagi, semua hafalan akan di simpan di bagian memori jangka pendek. Dan biasanya isinya hanya sanggup keluar 20% saja dari yang kita hafalkan. Sebaliknya, jika kita menyicil belajar dari seminggu sebelumnya, hafalan akan disimpan di memori jangka panjang yang akan bertahan lama, dan kira-kira berpengaruh sebesar 60% dari keseluruhan hafalan kita.

2. Gunakan sistem belajar yang paling nyantol.

 Biasanya disesuaikan dengan kecerdasan dominan kamu.
Misal, jika kamu seseorang dengan kecerdasan dominan audio, baiknya kamu rekam semua hafalan/rumus dalam sebuah kaset atau teriakkan itu secara keras dan berulang (untuk yang ini pastikan kamarmu sudah memakai peredam suara supaya tidak mengganggu tetangga).
Terkadang juga, satu sistem dominan tidak benar-benar bekerja. Maka sinergikan dengan kecerdasan lainnya. Misalkan dengan kecerdasan kinestetik. Misal, pas sore-sore kamu jalan-jalan keluar kos, jangan lupa hafalannya dibawa dan teriakkan berulang hafalanmu sepanjang perjalanan. Nah, sambil kamu JJS, kamu sekalian CCB alias Cicil-cicil belajar. Gak usah peduli dikira orang gila. Orang yang gila belajar lebih baik daripada gila harta dan tahta. Betul gak?

3. Istirahat yang cukup minimal 3 jam sehari. Terutama H-1 ujian.

Soalnya otak juga butuh waktu untuk menyimpan semua hafalanmu di memorinya. Lagipula badan yang lelah kalau dipaksa terus malah bisa stres pas ujiannya lho. Contoh, mata berkunang-kunang, tangan reumatik mendadak gak bisa nulis, de el el. Hayolo, kalau udah gini siapa yang tanggung jawab?
4. Makan diusahakan 4 sehat 5 sempurna.

Pagi-pagi sarapan plus minum susu. Siang dan malamnya kombinasi 8 gelas air putih dan buah. Kalau gak bisa makan dagingnya, minimal sari buahnya yang sering disebut jus. Rekomendasi buah stroberi dan pisang. Keduanya dapat meningkatkan kecerdasan otak lho!

5. Banyak-banyak berdoa.

Rencana memang dibuat oleh manusia, tapi takdir hanya di tangan Tuhan. Ya toh? Makanya, biar Tuhan ridho dan membuat dosen menuliskan nilai A di transkrip, sering-seringlah ibadah, terutama di malam hari. Puasa sunnah juga kalau sanggup.
Terutama perbanyak gerakan sujud. Karena di saat sujud itulah aliran darah yang mengandung oksigen bisa sampai ke otak. Bisa membantu menyegarkan pikiran yang suntuk juga, sebelum diisi kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar